Now more than ever, healthcare matters.
Berca Hardayaperkasa sebagai partner resmi Cisco di Indonesia telah menyelenggarakan Berca Live Webinar dengan tema “Pushing The Boundaries of Technology and Healthcare” (12/01).
Dari webinar ini, audience dapat memahami bagaimana mengukur kematangan infrastruktur rumah sakit dengan HIMSS Analytics Infrastructure Adoption Model (INFRAM).
Memang saat ini kesehatan dan kesejahteraan pasien, serta kemampuan untuk memberikan perawatan yang aman secara virtual bukan lagi menjadi sesuatu hal yang ‘mahal’, tetapi justri jadi satu kebutuhan yang mendesak. Saat ini kita semua dihadapi oleh keadaan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam bidang perawatan kesehatan di mana teknologi baru sedang diadopsi dengan cepat dan lanskap perawatan kesehatan telah berubah.
Dengan mengoptimalkan clinical experience, meningkatkan konsultasi secara virtual dan memberdayakan tim tenaga kesehatan untuk bekerja dari jarak jauh, inovasi tersebut sangat membantu dalam memberikan pertolongan pertama kepada pasien.
Cisco sebagai perusahaan IT terkemuka bekerja sama dengan penyedia layanan kesehatan di seluruh dunia berlomitmen untuk memberikan perawatan yang berkualitas dan aman. Cisco juga memprediksi masa depan dengan menetapkan fondasi yang kuat untuk keberhasilan implementasi teknologi kesehatan. Selain itu juga berkomitmen memberikan perawatan kesehatan dengan akurasi yang tinggi dan inovatif sehingga menjadi pioneer dalam transformasi kesehatan.
Melihat krisis pada layanan kesehatan, Cisco membuat perubahan besar dalam memberikan layanan di antaranya adalah transisi ke teknologi telehealth, penyebaran secara cepat fasilitas rumah sakit dan klinik darurat, meingkatkan jumlah call center dan konsultasi jarak jauh.
Transisi ke telehealth
Untuk mengurangi kontak fisik antara pasien, dokter dan tim perawat, telehealth dengan cepat menjadi teknologi kesehatan di era new normal. Baik untuk layanan kesehatan secara primer maupun untuk evaluasi dan triase (pengelompokan korban/pasien berdasarkan berat ringannya trauma atau penyakit serta kecepatan penanganan atau pemindahan) COVID-19. Secara professional layanan kesehatan ini dapat menggunakan perangkat Webex dan Webex meeting serta messaging platforms untuk berkonsultasi secara virtual secara aman.
Penyebaran secara cepat rumah sakit darurat
Untuk mendukung perminataan evaluasi dan pengujian sambil mengurangi dan mencegah penyebaran penyakit menular, penyedia layanan kesehatan mendirikan rumah sakit dan kilinik darurat dengan konsep mobile dan drive-thru. Rumah sakit tersebut nantinya dapat menjadi penghubung lokasi sementara saat ini dengan rumah sakit dan ruang klinis yang ada melalui Cisco Meraki atau Cisco networking products. Sehingga penyedia layanan kesehatan dapat memastikan keamanan proses isolasi untuk pasien. Untuk mempercepat implementasi, Cisco Customer Experience dapat memberikan keahlian kepada para customer.
Meningkatkan jumlah call center
Sebelum pasien mengunjungi rumah sakit atau klinik darurat, pasien yang memiliki gejala diminta untuk menghubungi hotline triase terlebih dahulu. Sehingga, pasien dapat beralih ke contact center untuk menjawab pertanyaan seputar gejala, pengujian dan saran pengobatan.
Menjalankan kerja jarak jauh
Saat ini bisnis di seluruh dunia sedang menerapkan sistem bekerja dari rumah (working from home). Tapi, bagaimana dengan tim tenaga kesehatan? Cisco melihat banyak sistem kesehatan memberdayakan administrator dan staf tenaga kesehatan untuk memungkinkan bekerja dari jarak jauh dengan difasilitasi teknologi pendukung telehealth dan video broadcast untuk sharing informasi dan pertemuan diseluruh sistem kesehatan.
Untuk mengatasi use cases dan berbagi tantangan yang dihadapi, praktik terbaiknya adalah mengikuti perawatan kesehatan saat ini dengan meluncurkan seri terbaru berjudul #HealthcareNow sebagai bagian dari #PublicSectorNow yang lebih besar.
Anda juga dapat memantau lebih banyak informasi lainnya di Cisco Healthcare di mana sistem kesehatan di seluruh dunia saat ini sedang membahas teknologi kesehatan.
Penutup
Berca Hardayaperkasa juga menjadi partner resmi dari puluhan perusahaan IT terkemuka di Indonesia maupun dunia seperti, HPE Indonesia, HPI Indonesia, Dell EMC Indonesia, Huawei Indonesia, Lenovo Indonesia, VMWare Indonesia, Veritas Indonesia, Cisco Indonesia, Veaam Indonesia, Hitachi Data System Indonesia, Hitachi Vantara Indonesia, HDS Indonesia, NetApp Indonesia, Oracle Indonesia, Keysight Indonesia, Datacard Indonesia, AWS Indonesia, Fortinet Indonesia, Nutanix Indonesia dan Sophos Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Cisco Telehealth silahkan hubungi di sini.