Saat ini dunia sedang menggalakkan kebijakan work from home atau kerja dari rumah karena melihat berkembangnya wabah virus corona termasuk di Indonesia. Kebijakan ini diambil sebagai langkah untuk meminimalisir penyebaran virus corona atau COVID-19. Pemerintah Indonesia khususnya, memberlakukan sistem work home selama dua minggu ke depan kepada seluruh instansi, lembaga hingga perusahaan swasta.
Tidak hanya perusahaan dan instansi, sekolah pun juga sudah diberlakukan belajar dari rumah termasuk pada tempat-tempat ibadah untuk menganjurkan beribadah dari rumah.
Bagi pekerja yang belum pernah menerapkan work from home, mungkin ini jadi hal baru untuk bisa membiasakan diri dalam waktu dua minggu. Berikut ada 7 tips agar tetap produktif saat work from home.
1. Persiapkan semua keperluan kerja kamu, seperti laptop, mouse, charger, dan aplikasi software seperti Slack, Microsoft Teams, Skype, Zoom or GoToMeeting, dan Trello.
2. Pastikan Jaringan Internet, jika pakai mobile hotspot pastikan quota mencukupi untuk melakukan conference call. Jika bandwidth yang dimiliki terbatas untuk melakukan video call, kamu bisa tutup program lainnya sementara waktu untuk meringkankan beban koneksi internet. Jika cara ini tidak berhasil, kamu bisa menutup panggilan video dan bergabung dengan audio. Sehingga kamu tetap berada pada ruang diskusi.
3. Tentukan Ekspektasi. Kamu dan tim bisa mendiskusikan apa saja hasil yang bisa dicapai saat menerapkan Work From Home. Apa saja prioritasnya, bagaimana pekerjaan dapat diselesaikan, bagaimana manager dapat memonitor pekerjaan yang dilakukan, dan memastikan semua terhubung pada aplikasi trello, skype dan lain sebagianya.
4. Kenali dirimu (dan kelemahan WFH-mu). Jika kamu belum terbiasa menerapkan sistem ini, bayangkan lah seakan kamu berangkat kerja setiap hari, kamu juga bisa merapihkan tatanan baju, rambut atau jilbab kamu. Tempatkan dirimu seprofesional mungkin saat berada di rumah. Bisa juga dengan membuat suasana rumah seperti di kantor.
5. Tetap terhubung. Selalu menjaga komunikasi yang baik dengan tim kerja mu, selalu ada orang yang bisa kamu hubungi jika kamu mengalami kesulitan dalam pekerjaan.
6. Jadwalkan Istirahat. Kamu bisa atur jadwal istirahat secara efektif, jangan sampai adanya sistem work from home ini membuat kamu berlebihan saat istirahat yang akhirnya mengganggu pekerjaan. Cukup luangkan 1 atau 2 jam untuk istirahat dan berkomitmen untuk menjauh dari laptop.
7. Pastikan keluarga tahu kamu bekerja. Saat bekerja dari rumah kamu memiliki peran yang ganda, yaitu sebagai orang tua dan juga sebagai pegawai. Pastikan kepada keluarga bahwa kamu sedang bekerja dan beri tahu jam kerja dan kapan kamu bisa diganggu dan tidak.
Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan produktivitas ketika melakukan work from home. Selamat mencoba dan semoga membantu. Jangan lupa untuk terus jaga kesehatan dan kebersihan ya.