Novel Coronavirus (COVID-19) atau yang biasa kita sebut Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan dan bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian. Virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui.
Bahkan efek dari virus ini membuat negara-negara melakukan lock down guna mengurangi penyebaran kasus virus covid-19 ini, beberapa kantor dan tempat-tempat umum sudah mulai di tutup untuk mengurangi berkumpulnya orang banyak. Artinya bisa jadi kantor-kantor akan tutup, karyawan tidak bisa datang ke kantor, mereka harus tetap tinggal dirumah untuk beberapa waktu kedepan.
Beberapa tempat umum sudah mulai melakukan pencegahan dini, degan cara melakukan penyemprotan disinfektan, ketika akan dilakukannya penyemprotan disinfektan maka kantor, sekolah dan berbagai tempat umum akan diliburkan. Kondisi ini bisa menjadikan perekonomian menjadi ikut memburuk, karena perputaran ekonomi akan melambat atau bahkan berhenti. Hal ini sudah dapat terlihat dengan jelas dengan menurunnya harga saham, dan yang paling terdampak adalah bisnis sektor wisata. Sangat mungkin juga akan berdampak pada sector bisnis yan lainnya.
Salah satu solusi untuk mengurangi virus ini menyebar yaitu dengan mengurangi berkumpul atau komunikasi secara langsung dengan manusia. Salah satu solusi yang ditawarkan untuk dunia IT adalah dengan menggunakan AWS Connect
Amazon Connect adalah call center cloud omnichannel yang mudah digunakan yang membantu perusahaan menyediakan layanan pelanggan yang unggul dengan biaya lebih rendah. Dengan banyaknya yang membutuhkan call center ini, akhirnya Amazon membangunnya. Amazon sekarang telah membuat ini tersedia untuk semua bisnis, dan hari ini ribuan perusahaan mulai dari 10 hingga puluhan ribu agen menggunakan Amazon Connect untuk melayani jutaan pelanggan setiap hari.
Dirancang dari awal hingga menjadi omnichannel, Amazon Connect memberikan pengalaman tanpa batas di suara dan obrolan untuk pelanggan dan agen Anda. Ini termasuk satu set alat untuk perutean berbasis keterampilan, analitik waktu-nyata dan historis yang kuat, dan alat manajemen intuitif yang mudah digunakan – semua dengan harga bayar sesuai penggunaan, yang berarti Amazon Connect menyederhanakan operasi call center, meningkatkan efisiensi agen, dan menurunkan biaya. Anda dapat mengatur call center dalam hitungan menit yang dapat ditingkatkan untuk mendukung jutaan pelanggan. Memberikan Data CRM Internal dan Wawasan berbasis AI untuk Agen Anda.
Secara tradisional, agen call center harus mengandalkan informasi dari berbagai sumber untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, membuatnya sulit untuk melacak aset pelanggan, pesanan, riwayat dukungan, dan banyak lagi. Waktu resolusi panggilan dan pengalaman pelanggan dapat berkurang ketika agen melakukan panggilan layanan pelanggan, sambil secara manual menyimpan catatan percakapan dan secara simultan mencari cara untuk menjawab pertanyaan pelanggan.
Sebagai akibat dari gangguan ini, panggilan bisa tidak terselesaikan karena agen tidak dapat menjawab pertanyaan pelanggan, mengakibatkan ketidakpuasan, panggilan tindak lanjut, dan peningkatan. Untuk mengatasi ini, Salesforce dan AWS telah berkolaborasi erat untuk mengintegrasikan Amazon Connect ke dalam Service Cloud, menyatukan data telepon, saluran digital, dan CRM ke dalam satu konsol tunggal. Sekarang, ketika panggilan telepon dialihkan ke agen layanan.
Apa saja manfaat dan kababilitas dari Amazon Connect ini?
Bisa simak artikel selanjutnya di Manfaat dan Kapabilitas Amazon Connect dalam Minimalisir Penyebaran Covid-19 Bagian 2.
Oleh: Muhammad Rizky Syawalludin-Product Specialist Berca