Data management dan analytics menghadapi disruption selama pandemic COVID-19, semua perusahaan dituntut untuk mengelola kondisi saat ini dan mulai beradaptasi ke “new normal”. Manajemen perusahaan juga harus memiliki sifat agility dan simplicity dalam memaksimalkan benefit dari data management.
Artikel ini akan fokus membahas kebutuhan dalam menggandakan data dan analitik perusahaan Anda selama masa pandemic sehingga mendapat keunggulan yang kompetitif di masa depan.
Perubahan waktu juga membutuhkan perubahan strategi
Di mana pun Anda berada pasti tidak akan terlepas dari berbagai risiko dan rintangan yang hadir secara tidak terduga. Tetapi ada hal penting untuk diingat bahwa pandemic ini pasti akan segera berlalu, yang perlu Anda lakukan adalah bagaimana dapat mempersiapkan dan menentukan seberapa baik perusahaan Anda dapat berkembang di masa depan.
Sementara itu, para ahli kesehatan memprediksi pandemic ini akan mengalami penuruan di akhir tahun. Beberapa pakar ekonom juga memperkirakan bahwa ekonomi akan mengalami dua kuartal terburuk sebelum akhirnya pulih. Tapi, terlepas dari seberapa lama waktunya, satu hal yang pasti semua menginginkan pandemic ini segera berakhir.
Sekarang sudah waktunya untuk mempersiapkan proses pemulihan pasca-COVID-19. Anda harus mengantisipasi bahwa beberapa perubahan social yang kita alami ini akan selamanya atau setidaknya berdampak dalam jangka waktu yang lama terhadap bagaimana kita hidup atau bekerja.
Misalnya, semua customers Anda lebih banyak bekerja di rumah dan mengurangi aktivitas berada di luar rumah. Tentunya Anda memerlukan cara baru untuk menjangkau dan menjaga hubungan baik dengan para customers. Artinya, Anda diminta terus berinovasi menemukan cara baru untuk menjangkaunya.
Jadi, bagaimana persiapan masa depan digital perusahaan Anda yang datang lebih cepat dari waktu yang diprediksi sebelumnya ini? Istilah keren saat ini “New Normal”. Melalui data, Anda memiliki kemampuan untuk menganalisis dan menggunakan data tersebut dengan cara baru dan lebih efektif.
Misalnya, data tersedia secara umum untuk status COVID-19 dari satu negara ke negara lainnya hingga dapat di-breakdown ke wilayah terkecil dari sebuah daerah atau lokasi. Data tersebut dapat dikorelasikan dengan informasi rantai pasokan untuk mengidentifikasi risiko-risiko yang mungkin muncul, dan untuk meramalkan daerah mana yang akan pulih lebih cepat atau bahkan lebih lama.
Bagi lembaga keuangan, data dapat digunakan untuk meminimalkan risiko dengan menganalisis posisi likuiditas perusahaan klien untuk real-time cash liquidity view. Bagi industri energy, perusahaan dapat menerapkan pemantauan jarak jauh terhadap seluruh peralatan dengan menggunakan teknologi Internet of Things (IoT). Pemanfaatan IoT untuk menghasilkan data analitik dalam melakukan pemeliharaan preventif dan prediktif, sehingaa tidak perlu lagi menugaskan karyawan terjun langsung ke site.
Hitachi Vantara memiliki solusi digital dan pengalaman secara global dalam membantu perusahaan Anda bermanuver untuk melalui fase ini dan menuju New Normal. Hitachi Vantara menyediakan solusi yang dapat mengendalikan, melacak dan mencegah hadirnya sebuah wabah.
Sebagai contoh, saat membuka kembali fasilitas, perusahaan wajib melindungi para pekerjanya dengan menggunakan video analytics dan 3D LiDAR thermal sensing. Teknologi ini untuk memastikan social distancing tetap terjaga dan mengidentifikasi atau mencegah terjadinya issu terkait penggunaan masker atau kewajiban cuci tangan.
Selain itu, solusi dari Hitachi Vantara adalah membantu mengintegrasikan data dengan semua tools yang digunakan oleh remote worker, mengaktifkan software as a service, dan membangun kapabilitas remote work dalam melindungi data-data sensitive.
Hitachi Vantara juga membantu Anda mempersiapkan masa depan dalam pengelompokan banyak data, seperti data kesehatan dari pemerintah yang perlu diintegrasikan dengan data perusahaan Anda, begitu juga data rantai pasokan terhadap prediksi permintaan.
DataOps is Path Forward
DataOps perlu diterapkan oleh perusahaan dalam memanfaatkan data-data yang kompleks untuk mendorong keunggulan yang kompetitif terlebih lagi di era digital seperti saat ini. Tujuannya adalah dapat menginformasikan keputusan, mendorong fitur dalam aplikasi dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Termasuk juga data onboarding, governance dan agility, analytics & machine learning dan data fabric optimization.
Sukses di era new normal
Saat ini kita masih beradaptasi pada new normal dan mulai mengukur apakah kita dapat melewati tantangan hari ini untuk mendapatkan kesempatan atau peluang yang akan datang di masa depan. Di artikel selanjutnya akan kita bahas lebih detail mengenai solusi dari DataOps yang menjadi kekuatan bagi perusahaan-perusahaan top di dunia. Solusi ini dapat membantu Anda memecahkan beberapa masalah terhadap data management dan menjadikan perusahaan Anda pioneer dalam percepatan digital.
sumber: www.hitachivantara.com