Oleh: Kodrat Wahyudi
Dampak dari pandemi ini adalah “meningkatnya transformasi digital di hampir setiap bagian. Dampaknya jelas, ini akan mengubah cara hidup kita berubah, dimana peran teknologi serta cloud dalam membuat kita tetap bekerja dan terhubung. Melihat kenyataan ini, inilah tujuh tren utama yang mewarnai kehidupan kita dalam semua bidang manusia.
Tren public-service di tahun ini
1. Adanya pengharapan percepatan akan adanya layanan publik secara digital
Pandemi telah meningkatkan harapan adanya lebih banyak layanan publik yang bisa diakses secara digital. Kita lebih sadar akan apa yang bisa dilakukan secara online, lebih nyaman untuk melakukannya, serta semakin kritis terhadap hal-hal yang belum atau tidak terpenuhi akan pengharapan tersebut.
2. Pengalaman yang menggabungkan antara dunia fisik dan virtual
Saat kita melangkah ke masa depan baru kita, di mana rumah kita sekarang juga menjadi kantor paruh waktu kita, kita akan melihat peningkatan permintaan akan teknologi untuk memberikan dan memungkinkan konsumsi layanan publik kapan saja dan di mana saja.. Kemampuan memadukan lingkungan fisik dan virtual ini dengan mulus akan menjadi kunci untuk meningkatkan pengalaman bagi kita secara keseluruhan,.
3. Semuanya tanpa kontak fisik
Pandemi telah mempercepat penggunaan transaki non-tunai. Ini memunculkan tren baru, yakni “a contactless society “ (masyarakat tanpa kontak). Saat masa pandemi ini lewat, ide dan penggunaan nirsentuh ini akan tetap ada. Oleh karena itu, kita akan melihat peningkatan teknologi yang membantu kita menjadi bagian dari masyarakat dengan lebih sedikit kontak fisik – baik itu menggunakan perangkat seluler untuk lebih banyak berinteraksi dengan layanan publik, atau perangkat non-sentuh untuk memantau kesehatan kita dan membayar barang.
4. Datafication mengenai “aku”Tidak diragukan lagi, kita hidup di dunia yang kaya data, dan dunia yang terus tumbuh dengan kecepatan eksponensial. Tetapi kita juga hidup di era di mana kita dapat lebih memahami dan menggunakan data itu untuk kebaikan yang lebih besar. Dalam memperkuat kepercayaan, kita lihat layanan yang “person-centric” menjadi lebih penting. Layanan yang dapat menyesuaikan dan menanggapi preferensi kita dan memberikan intervensi sebelumnya bagi mereka yang paling membutuhkan. Kita melihat tahun 2021 menggembar-gemborkan layanan dan perawatan yang semakin dipersonalisasi “the internet through us, and the internet for us”
5. Artificial Intelligence + Kecerdasan Kolektif Manusia =?
Sebagai bagian dari masyarakat, kita menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Tindakan kolektif telah menjadi bagian penting dari respons terhadap pandemi COVID-19, berbagi intelijen, dan menghubungkan pengalaman luas untuk menyelesaikan masalah. Saat memasuki tahun 2021, kita akan melihat penggunaan Artificial Intelligence untuk membantu kecerdasan kolektif manusia ini; meningkatkan kapasitas kita untuk membuat keputusan, beradaptasi dan belajar. Dengan merangkul pendekatan ini, potensi kolektif kita tidak akan dibatasi. Industri dan penggunaan Artificial Intelligence akan semakin banyak kita jumpai dalam bidang kehidupan. Artificial Intelligence ini merupakan teknologi yang akan berkembang sesuai dengan tuntutan akan kebutuhan manusia akan berbagai proses otomatisasi dalam kehidupan sehari-hari.
6. Meningkatnya kebutuhan akan safety dan security
Meskipun pandemi telah membawa keterlibatan positif komunitas kita, hal itu juga meningkatkan pemahaman kita tentang risiko, dan kebutuhan kita akan safety dan security, baik secara online maupun di dunia fisik. Karena serangan dunia maya sayangnya menjadi kejadian hampir setiap hari, Forum Ekonomi Dunia telah memasukkannya ke dalam 10 besar ancaman global terbesar. Kebutuhan untuk tetap aman di dunia digital yang selalu terhubung akan terus menjadi area fokus penting untuk layanan publik kita.
7. Kebangkitan masyarakat lokal
Dalam 12 bulan terakhir, terdapat tantangan yang signifikan bagi ekonomi global. Kita melihat pertumbuhan teknologi untuk mendukung pembangunan jaringan hiperlokal – menyesuaikan mereka yang membutuhkan dengan mereka yang memiliki kapasitas untuk membantu. Jika kita melakukannya dengan benar, jaringan ini dapat membantu membangun kembali komunitas lokal kita, memungkinkan kerja yang lebih dekat dan meningkatkan hasil lokal untuk semua orang. Data, otomatisasi, dan teknologi baru yang didukung oleh cloud, menawarkan peluang untuk merespons tren ini dengan lebih cepat dan memadai.
Untuk menjawab kebutuhan dan tantangan teknologi informasi akan adanya solusi RPA dan Cloud, PT Berca Hardayaperkasa menghadirkan solusi Artificial Intelligence/Machine Learning serta Berca Cloud sebagai salah satu portfolio utamanya. Untuk pertanyaan serta diskusi lebih lanjut, silahkan menghubungi PT Berca Hardayaperkasa di telepon (+62-21) 380-0902 atau email ke marketing@berca.co.id.