Oleh: Kodrat Wahyudi
Di era digitalisasi saat ini, pentinglah mengedepankan teknologi IT dalam proses bisnis suatu perusahaan. Bagi perusahaan yang fokus utama bisnisnya bukan pada teknologi IT, sulitlah untuk mengikuti perkembangan ini. Sehingga perlulah untuk memberikan operasional dan pengelolaan teknologi IT pada perusahaan yang sungguh berkompeten dalam hal itu. Di sisi lain, perusahaan perlulah untuk fokus pada roda pertumbuhan bisnis utamanya.
Dengan adanya solusi serta dukungan IT yang tepat yang dibutuhkan perusahaan, ini akan menjaga sistem dan roda pertumbuhan bisnis perusahaan berjalan secara efisien. Hal ini dapat meredakan kekhawatiran perusahaan, mengenai solusi IT yang tepat baginya. Solusi Seat Management akan menjaga roda bisnis perusahaan tetap berjalan.
Apa itu Seat Management?
Seat Management adalah metode pengelolaan perangkat IT (PC/desktop, laptop, printer, perangkat mobile, dan perangkat keras lainnya seperti router, switch, server, penyimpanan firewall, WAN Optimizer, access point, dll) dalam jaringan perusahaan, yang dilakukan oleh penyedia yang menyediakan layanan dukungan pada siklus hidup perangkat dalam periode waktu yang telah ditentukan. Produk ini mencakup barang dan jasa dengan solusi keuangan dengan sewa per seat, monthly basis. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan “seat” adalah “perangkat”. Seat Management ini menawarkan layanan seperti pemasangan, pengoperasian, dan pemeliharaan semua perangkat keras dan perangkat lunak di setiap stasiun kerja.
Layanan Seat Management
Layanan Seat Management ini melingkupi:
- Instalasi Aplikasi
Termasuk berbagai layanan instalasi aplikasi termasuk analisis, desain, perencanaan dan implementasi. Jenis layanan ini akan memastikan aplikasi terintegrasi sesuai dengan spesifikasi teknis, compliance, dan pedoman aturan yang berlaku.
- Operasi & Monitoring
Terdiri dari layanan terhadap dukungan operasional penuh untuk aplikasi, jaringan, dan sistem dengan menyediakan teknologi, metode, alat, dan proses mutakhir. Termasuk dalam layanan ini adalah memberikan layanan seperti dukungan teknis dan administratif untuk aplikasi, jaringan dan/atau sistem; sistem dan administrasi jaringan, serta pemantauan sistem dan pemantauan remote system.
- Maintenance & Sustainment
Ini adalah berbagai service pemeliharaan sistem untuk memastikan sistem tetap compliance, mutakhir, berkelanjutan, dan dapat didukung. Serta termasuk penyediaan service seperti analisis permintaan perubahan, desain sistem, testing, termasuk implementasi, disertai dengan manajemen sistem, konfigurasi dan manajemen perubahan, dan yang terakhir adalah dokumentasi sistem.
- On-Demand Computing
Bila ada perubahan secara bisnis pada sistem atau layanan, provider Seat Management akan memberikan respons secara dinamis dengan menawarkan daya komputasi hanya saat dibutuhkan. Dengan service, provider akan menyediakan optimalisasi infrastruktur dengan menyediakan kapasitas IT sebagai layanan utilitas, menawarkan aplikasi berbayar sesuai kebutuhan, server, telekomunikasi, bandwidth, dll.
Keuntungan menggunakan jasa Seat Management pihak ketiga
1. Perusahaan akan fokus pada proses Bisnis Utama
Dengan adanya layanan ini oleh pihak ketiga, maka hal ini akan membantu perusahaan untuk lebih fokus pada area bisnis utamanya. Sehingga perusahaan akan terus dan lebih berkembang, karena perusahaan fokus fokus pada area bisnis yang lebih dikuasai.
2. Penghamatan anggaran
Bekerja sama dengan partner Seat Management yang tepat, biaya pengembangan teknologi terupdate lebih dapat terukur dan bisa diantisipasi. Dengan layanan jasa ini, Seat Management dapat membantu perusahaan mengontrol pengeluaran anggaran, terutama pada awal tahun beroperasi. Dengan merancang fixed cost menjadi biaya variable, perusahaan dapat menghemat banyak biaya di awal.
3. Layanan Seat Management memiliki sumber daya yang terpercaya
Dengan layanan Seat Management pihak ketiga, mereka memiliki banyak portofolio dan memiliki sumber daya yang terpercaya, sehingga perusahaan dapat memanfaatkan layanan tersebut untuk mengembangkan bisnisnya. Perusahaan dapat memanfaatkan sepenuhnya layanan yang ditawarkan perusahaan itu untuk membantu mempercepat perkembangan perusahaan.
Berca Hardayaperkasa Seat Management
PT Berca Hardayaperkasa memberikan layanan Seat Management, dengan jenis layanan seperti pemasangan, pengoperasian, dan pemeliharaan semua perangkat keras dan perangkat lunak di setiap workstation. Sehingga manfaat yang akan diperoleh customer adalah:
- Peningkatan kualitas layanan dan ketersediaan sistem berdasarkan SLA yang disepakati
- Customer hanya perlu melakukan investasi – baik barang atau jasa – secara minimal
- Peningkatan efisiensi
- Peningkatan produktivitas
- Penurunan biaya pengoperasian
Untuk informasi dan penjelasan lebih lanjut, mengenai layanan Seat Management dari PT Berca Hardayaperkasa, silahkan klik di sini.