Perusahaan pasti memiliki target pasar dan tidak diragukan lagi bahwa bisnis membutuhkan perangkat lunak CRM berkualitas untuk pertumbuhan dan peningkatan pendapatan. Kamu akan menyadari bahwa aplikasi akan memudahkan kamu. Aplikasi ini bukan lagi alat manajemen kontak. CRM menawarkan sekumpulan fitur yang membantu kamu menangani upaya peningkatan penjualan, pemasaran, dan pelaporan kamu. Menurut data 57% bisnis menganggap platform CRM sebagai perangkat lunak paling berharga. Seperti platform Netflix yang menggunakan CRM untuk membantu mereka membangun dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan atau calon pelanggan. Memilih CRM yang tepat mungkin terdengar seperti tugas yang berat. Seiring pertumbuhan pasar CRM, kamu memiliki ratusan opsi yang tersedia. Namun saat membuat keputusan pembelian, kamu perlu deskripsi yang jelas dan kamu akan cocokan dengan kebutuhan bisnis kamu. Akan kita bahas bagaimana kamu dapat memilih CRM yang tepat untuk bisnis kamu.
- Pengeluaran dan Anggaran
Ingin mengembangkan bisnis kamu, maka kamu harus berinvestasi di dalamnya. Menerapkan perangkat lunak CRM yang berkualitas adalah langkah penting lainnya yang pada dasarnya membantu perkembangan perusahaan kamu.
Sekarang pertanyaannya adalah berapa anggarannya?
Sebagian besar vendor CRM biasanya menggunakan model penetapan harga berbasis langganan yang bergantung pada jumlah pengguna yang kamu miliki dan jenis fitur yang mereka sediakan. Sementara beberapa dari mereka menawarkan biaya bulanan per pengguna, atau dapat membebankan biaya tetap untuk jumlah pengguna yang tetap. Dengan beragam pilihan ini kamu harus membeli paket yang dapat mendukung semua kebutuhan kamu dan pengguna sebanyak yang bisnis kamu butuhkan. Kabar baiknya adalah ketika kamu mengimplementasikan perangkat lunak CRM berbasis cloud tidak memerlukan infrastruktur apa pun. kamu dapat menerapkannya dan mengaksesnya dengan perangkat apa saja kapan saja.
- Ketahui Kebutuhan Bisnis Kamu
Kamu pasti ingin yang terbaik untuk bisnis kamu. Persyaratan bisnis kamu akan menjadi faktor penentu perangkat lunak CRM pilihan kamu. Jika kamu ingin menentukan CRM maka temukan akar masalahnya dari bisnis kamu dan kemudian selesaikan masalahnya. Misalnya, kamu ingin mengembangkan budaya yang berpusat pada pelanggan. Jadi, kamu memerlukan sistem yang dengan mudah menangkap data pelanggan dan membantu kamu membangun alur komunikasi yang strategis. Kamu mungkin menghadapi kesulitan dalam hal analitik data. Dengan kata lain, masalah kamu bisa sangat beragam. Tetapi tujuan kamu adalah untuk merampingkan proses dan operasi penjualan kamu dan memusatkan data bisnis kamu. Mencari tahu daftar tujuan kamu akan membantu kamu dalam proses seleksi.
Mulailah identifikasi masalah bisnis apa yang kamu hadapi saat ini. Baik tujuan jangka panjang maupun jangka pendek. Berikut adalah beberapa petunjuk untuk membantu kamu memulai
- Daya tangkap membaca prospek, sumbernya, dan memeliharanya
- Membangun aliran komunikasi strategis untuk menjaga dan mengubah prospek sesuai tujuan kamu
- Penyederhanaan otomatis data dan konversi yang diambil.
- Melacak peluang dan tingkat pencapaian.
- Kolaborasi tim.
- Mengelola hubungan dengan vendor dan pelanggan.
- Menghasilkan Pelaporan yang disesuaikan.
- Meningkatkan produktivitas dan profitabilitas.
Setelah kamu mengidentifikasi tujuan kamu, kemudian kamu dapat menyusun berbagai KPI untuk dicapai dan dengan CRM yang tepat, kamu akan mendapatkan keuntungan optimal dan meningkatkan tingkat ROI kamu.
- Periksa Alat dan Fitur CRM
Karena strategi bisnis kamu tidak dapat dilakukan sendiri, kamu memerlukan tim penjualan, pemasaran, dan dukungan berada di satu bidang. Sehingga dengan mudah mengakses informasi pelanggan, memantau riwayat pembelian, dan mendapatkan informasi terbaru tentang aktivitas end-to-end. Faktanya 65% tenaga penjualan yang menggunakan CRM seluler memenuhi kuota penjualan mereka dibandingkan dengan 22% yang tidak menggunakan CRM seluler. Jadi, fitur penting yang patut diperiksa adalah keramahan untuk penjualan saat bepergian.
Maka dari itu CRM kamu harus mahir dalam manajemen kontak, otomatisasi pemasaran, pelacakan prospek, dan kinerja karyawan. Pertimbangkan untuk memeriksa kemampuan pelaporan karena membantu kamu membuat keputusan yang tepat untuk bisnis kamu. Fitur utama yang harus diperhatikan adalah kemampuan perangkat lunak CRM untuk berintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga dan kapasitas yang dapat diskalakan sehingga cukup fleksibel untuk beradaptasi saat kamu ingin meningkatkan bisnis kamu.
- Proses Bisnis Yang Sesuai
Perangkat lunak CRM adalah produk yang dirancang dengan mempertimbangkan ribuan bisnis. Mereka dibangun untuk persyaratan bisnis umum. Namun, setiap bisnis memiliki proses yang unik, itulah yang membedakan kamu dari kompetitor. Jadi, penting bagi kamu untuk menerapkan CRM yang cukup fleksibel untuk menangani proses bisnis dan menyesuaikan atau mengintegrasikan dengan aplikasi sesuai dengan kebutuhan kamu
- Memahami Proses Implementasi
Implementasi adalah bagian tersulit dari keseluruhan proses. Karena CRM semakin terintegrasi dengan bisnis kamu, harus memahami prosedur penerapan atau penyebaran. Selama periode ini, sistem diuji dengan kuat dan pengguna dilatih untuk berpengalaman sehingga kamu dapat mengatasi bug dengan jelas dan menetapkan praktik terbaik. Untuk ini, Anda mungkin memerlukan konsultan profesional untuk menggunakan sistem. Di sini, prioritas utama Anda adalah menetapkan hierarki tim yang jelas dan proses eskalasi, mendapatkan pembaruan tepat waktu tentang kemajuan proyek, dan penyelesaian cepat atas masalah yang mungkin timbul.
- Keamanan Data
Faktanya, sangat penting untuk memilih vendor yang tepat saat kamu menempatkan data kamu kepada mereka untuk implementasi dan penyesuaian. Pastikan vendor kamu mematuhi protokol keamanan data yang akurat dan memelihara sistem keamanan yang tepat.
Kamu tidak bisa menajalankan bisnismu selamanya dengan cara tradisional. Proses dan cara kerja penjualan bisnis kamu tidak selalu sama dengan competitor. Karena CRM akan sukses membantu variasi bisnis kamu. Untuk memilih CRM yang tepat dan sesuai dengan bisnis kamu silahkan hubungi tim ber di marketing@berca.co.id untuk menjawab keraguan kamu.