Aplikasi Cek Kualitas Udara Jakarta Didukung Teknologi IoT

kualitas udara jakarta IoT

Baru-baru ini Jakarta dikabarkan memiliki kualitas udara yang buruk. Bahkan Ibukota Indonesia ini sempat menempati peringkat keempat di dunia dengan kualitas udara yang buruk dan tidak sehat. Polusi udara merupakan permasalahan yang belum terselesaikan sampai saat ini. Kesehatan udara adalah hal utama bagi kehidupan makhluk hidup.  Menurut Environtmental Protection Agency (EPA), 40% dari waktu kita sehari, kita berada di dalam ruangan dalam rumah, kantor, kendaraam, supermarket, sekolah dan tempat umum lainnya.

 

Pada 14 Juni 2023, pukul 09.00 WIB, Kota Jakarta menempati urutan kedua di bawah Kota Delhi, India, sebagai kota besar dengan kualitas udara terburuk. Hal ini dilaporkan dari melalui AirVisual dengan Air Quality Index mencapai angka 145.

 

Aplikasi Air Quality ini tidak lepas dari dukungan teknologi IoT. Walaupun manusia bisa memperkirakan udara Jakarta saat ini, namun manusia dibatasi ruang dan waktu. Untuk melakukan pemantauan secara real time, dan mendapatkan data mengenai kualitas udara dapat dilakukan dengan membangun suatu perangkat keras yang terhubung dengan sistem pemantauan kualitas udara.

 

Internet of Things adalah teknologi baru yang memungkinkan interaksi perangkat komputasi yang dapat diidentifikasi secara unik yang dapat disematkan dengan antarmuka lain seperti mesin dan manusia, dihubungkan melalui jaringan kabel dan nirkabel, untuk menangkap data kontekstual dari lingkungan yang telah ditandai dan membuat informasi. IoT juga merupakan jaringan yang menyediakan fungsionalitas baru dan model bisnis digital. Dengan teknologi ini banyak kegunaan yang dapat dipakai di lapangan

 

Sensor adalah bagian dari sistem perangkat input ke mikrokontroler dan mengubah sinyal kemudian memberikan output yang dapat dipahami. Sensor sering digunakan untuk pendeteksian saat melakukan suatu aktivitas seperti pengukuran dan pengendalian. Pada perancangan sistem ini ada beberapa sensor yang digunakan. Sensor ini digunakan untuk mengukur kualitas udara secara real time di Jakarta.

 

Tidak hanya untuk mengukur kualitas udara, IoT juga memiliki manfaat lainnya di berbagai industri bisnis. Jika kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai manfaat lain dari IoT, kamu dapat berkomunikasi dengan kami di marketing@berca.co.id