Dalam dunia marketing atau biasa dikenal sebagai pemasaran menggunakan platform media sosial sebagai sarana, platform email sangat dibutuhkan untuk dapat berbagi promosi atau kampanye marketing. Creatio menawarkan satu platform untuk membantu keseluruhan bisnis, khususnya pada sektor asuransi.
Creatio adalah perusahaan yang menyediakan CRM kelas atas untuk pemasaran, penjualan, dan otomatisasi layanan pelanggan. Aplikasi ini mengotomatiskan seluruh perjalanan pelanggan dengan tingkat kebebasan maksimum. Creatio merupakan platform ujung ke ujung untuk mengotomatiskan proses penjualan dan alur kerja layanan pelanggan dengan kompleksitas apa pun.
Pada perusahaan asuransi, sistem CRM dibutuhkan untuk memberikan informasi terkait penawaran asuransi, membagikan berita mengenai Kesehatan dan artikel terkait pentingnya menggunakan asuransi.
CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management, yang dalam bahasa Indonesia berarti Manajemen Hubungan Pelanggan. CRM adalah pendekatan strategis yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola hubungan dengan pelanggan yang ada dan potensial dengan cara yang efektif. Tujuan utama dari CRM adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, mempertahankan pelanggan yang ada, dan memperoleh pelanggan baru.
CRM melibatkan penggunaan teknologi dan proses bisnis untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mengelola informasi pelanggan. Ini mencakup berbagai aspek seperti pemasaran, penjualan, layanan pelanggan, dan dukungan teknis. Sistem CRM biasanya mencakup fungsi seperti manajemen data pelanggan, analisis pelanggan, manajemen kampanye pemasaran, manajemen penjualan, dan manajemen layanan pelanggan.
Dalam era digital saat ini, CRM sering dikaitkan dengan penggunaan perangkat lunak ini yang membantu dalam mengelola dan menganalisis data pelanggan. Namun, CRM juga melibatkan strategi bisnis yang melibatkan semua departemen dalam organisasi untuk bekerja sama dalam membangun dan menjaga hubungan yang kuat dengan pelanggan.
Alur pekerjaan Asuransi yang Terbantu dengan Menggunakan Creatio CRM
Sales
Dalam perusahaan pasti membutuhkan sales untuk membantu menjualkan jasa atau produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan menggunakan CRM proses dari manajemen kepemimpinan, menetukan peluang penjualan, memberikan rujukan (referral), merokemendasikan penjualan, dan konsultasi mengenai asuransi sangat efisien untuk dilakukan.
Marketing
Dari sisi marketing atau pemasaran, CRM dapat digunakan sebagai membagikan kampanye marketing atau membangun citra perusahaan. Pentingnya CRM dalam divisi pemasaran adalah untuk membantu segmentasi pasar calon customer atau customer, membagikan kampanye pemasaran yang sudah dijadwalkan, membantu program loyalitas dan penghargaan, dan mendukung manajemen acara.
Dalam hal tersebut, sisi marketing tidak perlu secara manual atau cara lama untuk menarik perhatian yang belum menjadi cutomer.
Dokumen dan Verifikasi
Pada asuransi pasti membutuhkan dokumen dari kustomer saat mulai pembukaan asuransi dan data jaminan. Dengan proses menggunakan CRM, kustomer dengan mudah untuk mengunggah dokumen, persetujuan dan verifikasi. Tidak perlu lagi mengirim dokumen ke lokasi asuransi.
Proses Klaim
Pada asuransi pasti akan ada proses klaim. Pada cara lama, proses klaim membutuhkan proses yang lama dan alur yang rumit. Dengan sistem CRM manajemen siklus hidup klaim yang terintegrasi, mudah untuk Investigasi klaim, dapat melakukan penyesuaian dan penilaian klaim dan konsultasi dan dukungan pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dalam satu platform.
Administrasi Kebijakan
Pada asuransi pasti akan ada kebijakan yang harus dipatuhi baik dari sisi asuransi atau sisi customer. Pada dasarnya, kebijakan asuransi berfungsi untuk memberikan perlindungan finansial kepada pemegang polis dalam hal terjadinya kerugian atau risiko tertentu yang dicakup oleh polis tersebut. Mulai Otomatisasi kebijakan, manajemen risiko, manajemen kepatuhan, konsolidasi, integrasi, dan sinkronisasi data kebijakan.
Pengalaman Karyawan
Selain dari sisi customer, ini juga dibutuhkan dari sisi karyawan. Dengan menentukan manajemen siklus hidup karyawan, manajemen permintaan karyawan, dan kolaborasi dan berbagi pengetahuan. Sehingga pihak HRD tidak perlu repot untuk mengetahui dan menganalisis karyawan pada perusahaan.
Sudah banyak organisasi yang menggunakan produk creatio untuk mengelola proses bisnis yang berhadapan langsung dengan pelanggan dan memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa.
Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai CRM? Silahkan diskusikan kepada tim Berca marketing@berca.co.id