Google Umumkan Akan Menghapus Akun Tidak Aktif pada Desember

 

google
Google icon isolated 3d render illustration

Google baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan mulai menghapus akun Google yang sudah tidak aktif selama dua tahun. Sekarang, Google memastikan semua orang mengetahuinya, dengan mengirimkan pesan kepada para pengguna Gmail yang menginformasikan tentang kebijakan penghapusan akun yang sudah tidak aktif. Pesan-pesan ini dikirim ke semua pengguna Gmail, tidak hanya ke akun Gmail yang mungkin terkena dampak penghapusan.

 

Cara mengenali email penghapusan akun Google

Email Google menggunakan baris subjek “Memperbarui kebijakan ketidakaktifan Akun Google kami” dan berasal dari alamat “no-reply@accounts.google.com”. Di dalamnya, Google memberikan ringkasan tingkat tinggi tentang kebijakan penghapusan akun yang baru:

Pada bagian berikut, Google menjelaskan bahwa hanya pengguna yang terpengaruh yang “telah tidak aktif di Akun Google Anda selama dua tahun atau tidak menggunakan akun Anda untuk masuk ke layanan Google apa pun selama lebih dari dua tahun.”

 

Google menekankan dalam email tersebut bahwa meskipun perubahan akan berlaku hari ini (13 Agustus 2023), Google akan menghapus akun paling cepat pada bulan Desember 2023.

 

Apa yang terjadi jika akun Google Anda yang tidak aktif akan dihapus

Jika Google menganggap akun Anda tidak aktif, Google akan mengirimkan beberapa email pengingat ke alamat email yang terpengaruh dan alamat email pemulihan akun Anda (jika Anda memberikannya) sebelum mengambil tindakan atau menghapus konten akun. Google bermaksud mengirim email pengingat ini setidaknya delapan bulan sebelumnya. Jadi, Anda punya banyak waktu.

 

Setelah Google menghapus akun Google, alamat Gmail dari akun yang dihapus tidak lagi dapat digunakan untuk membuat akun Google baru.

 

Cara mencegah penghapusan akun Google

Google menjelaskan betapa mudahnya mencegah akun Google dihapus: “Cara paling sederhana untuk menjaga Akun Google tetap aktif adalah dengan masuk ke akun tersebut setidaknya sekali setiap dua tahun. Jika Anda baru saja masuk ke Akun Google dalam dua tahun terakhir, akun Anda dianggap aktif dan tidak akan dihapus.”

Selain itu, Anda juga dapat mencegah penghapusan dengan melakukan hal berikut:

  • Membaca atau mengirim email
  • Gunakan Google Drive
  • Menonton video YouTube
  • Membagikan foto
  • Mengunduh aplikasi
  • Menggunakan Google Penelusuran
  • Menggunakan “Masuk melalui Google” untuk masuk ke aplikasi atau layanan pihak ketiga

Google mencatat bahwa mungkin terdapat pengecualian terhadap kebijakan di atas, misalnya untuk Akun Google dengan saluran, video, atau komentar YouTube; akun dengan kartu hadiah yang memiliki nilai uang; atau akun dengan aplikasi yang diterbitkan, seperti akun yang menghosting aplikasi di Google Play Store.

 

Berca Hardayaperkasa memiliki email services yang dapat membantu setiap perusahaan untuk memiliki akses email yang terpercaya dan aman. Konsultasikan ke tim marketing marketing@berca.co.id atau WhatsApp