Spektakuler Konser Coldplay di Indonesia Didukung Teknologi Ramah Lingkungan

 

Siapa yang tidak kenal dengan grup band Coldplay? Coldplay  sudah digelar di Indonesia pada kemarin (15/11). Hampir semua lagu mereka menjadi populer di dunia maya, lagu-lagu mereka yang populer antara lain “Fix You”, “Yellow”, dan “Paradise”. Menariknya, band ini disebut sebagai band yang paling ramah lingkungan. Apa alasannya?

 

Pada tahun 2019 lalu, band Coldplay menunda konser mereka dan memutuskan untuk membawakannya dengan konsep ramah lingkungan pada tahun 2022 mendatang. Berikut ini adalah beberapa hal dan tindakan yang dilakukan oleh band Coldplay untuk mengedepankan konsep ramah lingkungan.

 

  1. Mengurangi emisi karbon dioksida

Di balik meriahnya konser musik Coldplay, ada ancaman krisis iklim yang semakin memburuk. Sangat sulit untuk mengadakan konser yang ramah lingkungan saat ini. Namun, hebatnya Coldplay adalah mereka berkomitmen untuk menggelar konser yang ramah lingkungan.

 

Tak tanggung-tanggung, mereka menggunakan berbagai macam teknologi, tak lupa mereka juga bekerja sama dengan para ahli lingkungan untuk mengurangi jejak karbon semaksimal mungkin. Sama seperti konsep acara sebelumnya, Coldplay akan mengusung tema ramah lingkungan dengan berbagai cara, seperti mengurangi emisi karbondioksida, mengurangi penerbangan, membuat panggung dan pertunjukan yang ramah lingkungan, mengelola sampah, bahkan menggunakan energi terbarukan.

 

 

  1. Panggung dan peralatan pertunjukan yang ramah lingkungan

Saran untuk desain panggung yang ramah lingkungan dapat menggunakan arsitektur organik, arsitektur organik juga menyiratkan unsur musik modern dimana keselarasan irama dari segi struktur dan proporsi bangunan yang tidak simetris, sehingga arsitektur organik selalu dianggap futuristik dan modern. Arsitektur organik sering menggunakan metafora, misalnya bentuk cangkang, seperti irisan jeruk, atau seperti kepakan sayap burung.

 

Coldplay, yang sedang melakukan tur selama satu tahun, berusaha membuat konser yang ramah lingkungan secara berkelanjutan dan memperbaikinya dari waktu ke waktu. Mereka tidak merasa bahwa konsep ramah lingkungan adalah beban, malah terlihat keren dan menyenangkan. Di konser Coldplay ini, ada lantai kinetik yang bisa lompati dan kemudian menghasilkan energi.

 

Desain panggung yang ramah lingkungan pada konser Coldplay tidak dapat disangkal merupakan usaha yang memiliki banyak aspek. Pentingnya kerja sama tim yang terlatih untuk desain yang berkelanjutan dan berkonsultasi dengan para ahli profesional untuk memberikan panduan dan solusi terbaik sesuai dengan situasi dan lokasi konser.

 

 

  1. Mengurangi Sampah dan Mengelola sampah

Salah satu penyumbang sampah terbesar berasal dari konser. Namun, sampah yang berisi makanan atau minuman tidak akan ditemukan di konser Coldplay karena konser Coldplay menerapkan sistem untuk meminimalisir sampah. Pada konser di Indonesia, terlihat banyak pasukan oranye yang menyebar diseluruh area Gelora Bung Karno.

Coldplay juga akan mempromosikan pengurangan sampah plastik dan mendaur ulang sampah di setiap konsernya dengan bekerja sama dengan setiap venue.

 

 

  1. Mengurangi penerbangan

Coldplay telah berkomitmen untuk mengurangi penggunaan penerbangan carteran dalam tur dunia mereka saat ini. Namun, di lokasi-lokasi tertentu, mereka masih membutuhkan penerbangan carter untuk mengangkut personel, kru, dan peralatan yang diperlukan. Namun demikian, untuk semua jenis penerbangan, baik komersial maupun charter, Coldplay akan membayar biaya tambahan untuk menggunakan atau memasok Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan (Sustainable Aviation Fuel/SAF).

Di Indonesia, Coldplay terlihat berjalan kaki untuk menempuh tujuannya. Ini membuktian bahwa setiap tur-nya memastikan ramah lingkungan.

 

 

  1. Penggunaan gelang LED penonton yang ramah lingkungan

Xylobands merupakan gelang LED yang menjadi ikon di setiap konser Coldplay sejak tahun 2012 hingga sekarang. Salah satu keistimewaan yang didapatkan para penggemar saat menonton konser Coldplay adalah gelang LED Xylobands. Gelang ini diberikan kepada semua penggemar yang membeli tiket konser Coldplay.

 

Gelang ini hanya dipinjamkan dan akan dikembalikan setelah konser selesai. Gelang ini dibuat tidak hanya untuk memeriahkan konser saja, namun gelang ini juga hadir mengikuti irama musik yang sedang dimainkan oleh Coldplay. Dibalik penampilannya yang sangat mewah dan menarik, ternyata Xylobands memiliki beberapa fakta menarik. Xylobands hadir untuk memeriahkan konser Coldplay dengan warna-warni cahaya yang dihasilkan oleh gelang LED tersebut.

 

Tujuan diciptakannya Xylobands tidak hanya untuk memberikan kesan penampilan yang terbaik tetapi juga untuk dapat menghemat penggunaan energi. Oleh karena itu, penggunaan LED yang merupakan salah satu lampu yang paling ramah lingkungan dipilih. Karena terbuat dari 100 persen bahan nabati, casing gelang ini dapat dilepas.

 

Meskipun Xylobands memberikan kesan sebagai produk gelang LED yang ramah lingkungan, namun produk ini memiliki masa pakai hingga 18 jam penggunaan. Xylobands dapat bertahan hingga 3 minggu dalam mode hemat daya. Oleh karena itu, gelang LED Xylobands hanya untuk dipinjamkan kepada para penggemar saat menonton konser dan akan digunakan untuk konser Coldplay berikutnya.

 

  1. Memanfaatkan energi terbarukan

Dilansir dari Timesofindia, Coldplay memberikan pernyataan, “Kami akan menggunakan tenaga listrik dalam produksi panggung kami, hampir seluruhnya dengan energi terbarukan dan emisi yang sangat rendah. Kami akan menghindari bahan bakar fosil sebisa mungkin.” Begitu juga dengan penggunaan listrik yang tentunya ramah lingkungan. Coldplay memastikan konser mereka sebisa mungkin menghindari penggunaan bahan bakar fosil. Hal ini dikarenakan konser-konser Coldplay berkonsep ramah lingkungan. Dilansir dari Mindrakyat.com, berikut ini adalah lima energi terbarukan yang digunakan Coldplay dalam konser-konser yang mereka gelar:

 

Karena besar nama Coldplay dan inovasinya, konser mereka sangat di tunggu_tunggu oleh masyrakat Indonesia.

Berca Hardayaperkasa merupakan perusahaan ICT yang dapat membantu menjawab setiap kebutuhan perusahaan baik enterprise ataupun SMB. Hubungi tim kami di Marketing@berca.co.id atau WhatsApp.