Komunitas bisnis saat ini menggunakan berbagai macam platform komunikasi, mulai dari chatting hingga Microsoft Teams dan media sosial. Namun, penggunaan email terus meningkat. Email memberikan kenyamanan, menyediakan jejak informasi, dan memberikan kendali kepada pengguna atas pesan-pesan mereka. Masa depan email tampak cerah. Namun seiring dengan perkembangan email, bisnis perlu beradaptasi.
Kecerdasan Buatan dan Masa Depan Email
AI memunculkan gambaran tentang robot. Namun, AI juga sudah memainkan peran penting dalam email. Sebagai contoh, banyak program email akan memunculkan pengingat jika pengguna mencoba mengirim email tanpa melampirkan file yang diperlukan. Mereka juga menyediakan pengeditan email secara instan dan saran kata-kata. Dan filter email menggunakan AI dan pembelajaran mesin untuk menganalisis pola yang mengindikasikan spam.
Ke depannya, diharapkan AI akan memainkan peran yang lebih signifikan dalam email. Bagi individu, AI akan menjadi kunci dalam merapikan kotak masuk dengan mengkategorikan dan mengatur email dan bahkan mengotomatiskan tanggapan yang sesuai. Dan untuk pemasar email, AI memainkan peran penting dalam membuat konten yang dipersonalisasi, membersihkan daftar email, dan mengirim pesan yang tepat pada waktu yang tepat.
Otomatisasi Membuat Email Lebih Efisien dan Efektif
AI terbukti sangat penting dalam mengotomatisasi tugas-tugas rutin untuk meningkatkan efisiensi dan kepatuhan email. Departemen pemasaran yang cerdas telah mengotomatiskan kampanye yang dipersonalisasi, dan tren ini akan terus berkembang. Misalnya, saat pelanggan melakukan tindakan tertentu, seperti melakukan pembelian atau mencapai tonggak program hadiah, tindakan tersebut dapat memicu email yang sangat personal.
Otomatisasi juga terbukti penting untuk keamanan email dan kepatuhan terhadap peraturan. Misalnya, administrator semakin bergantung pada kebijakan email yang ditetapkan dengan cermat untuk secara otomatis menerapkan kebijakan penyimpanan. Kebijakan juga bisa melarang pembagian informasi sensitif yang tidak pantas.
Email Masih Menjadi Alat Pemasaran yang Penting, Tapi Pemasar Perlu Beradaptasi
Menurut laporan terbaru, pemasaran email terus memberikan ROI rata-rata yang besar, yaitu 3800 persen. Namun untuk mendapatkan hasil maksimal dari email, strategi pemasaran harus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Misalnya, pelanggan mengharapkan konten yang dipersonalisasi dan meresponsnya dengan tingkat konversi yang lebih besar. Elemen interaktif dan konten video juga meningkatkan keterlibatan.
Pada saat yang sama, pemasar perlu mengingat bahwa lebih dari separuh waktu, pengguna mengakses internet dan email bisnis melalui ponsel pintar mereka. Ini berarti email pemasaran harus dioptimalkan untuk akses seluler. Baris subjek yang lebih pendek dan pesan yang ringkas dan berdampak terbukti penting.
Ketahui Kapan Harus Menggunakan Email dan Kapan Harus Menggunakan Alat Lain
Ke depannya, meskipun semakin banyak platform komunikasi yang muncul, email tampaknya siap untuk melanjutkan peran pentingnya dalam membuat koneksi yang penting. Pengguna mungkin menghabiskan lebih banyak waktu di media sosial dan mungkin beralih ke konferensi video untuk mendapatkan dampak dari pertemuan tatap muka. Namun, setiap platform memiliki tempatnya masing-masing dan pengguna yang cerdas akan mengetahui kapan harus menggunakan setiap alat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Sebagai contoh, media sosial dapat menjadi alat yang ampuh untuk meningkatkan pengenalan merek. Tetapi email yang dipersonalisasi mendorong penjualan dan konversi. Chatting menyediakan komunikasi yang instan dan santai. Namun, email umumnya bekerja lebih baik untuk berbagi konten, menyampaikan berita resmi, atau menjelaskan topik yang kompleks.
Optimalkan Masa Depan Email dengan Kemitraan Penting
Organisasi yang mengelola email dengan baik akan memanfaatkan kekuatannya untuk mendorong komunikasi bisnis dan pemasaran. Pakar email di Messaging Architects memiliki alat dan pengalaman untuk membantu mewujudkannya. Hubungi kami hari ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang memperkuat kebijakan email, mengoptimalkan administrasi email, dan mengotomatiskan kepatuhan terhadap peraturan dan keamanan email.
Jika perusahaan Anda membutuhkan solusi email untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran, Berca Hardayaperkasa akan membantu tim anda untuk dapat mengelola. Sehingga hubungan dengan kustomer jadi lebih mudah dan efisien. Hubungi di Marketing@berca.co.id atau WhatsApp