Dengan meningkatnya malware, pembobolan, phishing, ransomware, dan serangan siber lainnya, Disaster Recovery (DR) sangat penting bagi setiap bisnis. Namun, biaya dan kompleksitas pengembangan dan pemeliharaan rencana Disaster recovery bisa sangat besar. Meskipun bisnis perlu memperhatikan batasan anggaran mereka, berhemat, atau lebih buruk lagi, menghindari rencana pemulihan yang tepat sama saja dengan mengundang bencana. Di antara lima risiko utama yang dihadapi bisnis dalam merencanakan Disaster recovery adalah:
- Kurangnya rencana pemulihan bencana
Langkah pertama adalah mengakui adanya kebutuhan akan rencana Disaster recovery. Waktu henti (Downtime) mengakibatkan hilangnya pendapatan dan produktivitas, sehingga setiap bisnis memiliki kepentingan terbaik untuk mempertahankan waktu kerja puncak. Bersiap untuk menangani pemadaman dengan cepat dan sukses adalah kuncinya. Namun, banyak perusahaan tidak sepenuhnya menerapkan rencana Disaster recovery hingga mereka terlambat, mereka bereaksi terhadap situasi bencana, bukan merencanakannya. Hal ini dapat dikaitkan dengan kompleksitas dan sulitnya proses, belum lagi meningkatnya biaya infrastruktur, pengujian dan pemeliharaan yang sedang berlangsung, dan sumber daya staf yang diperlukan. Meskipun biaya langsungnya bisa tinggi, biaya tidak langsungnya sepert data yang hilang, produktivitas yang berkurang, dan reputasi yang tercemar juga bisa sangat merugikan.
Ada cara yang lebih mudah. Mengintegrasikan rencana Disaster recovery dengan penyedia layanan cloud dapat membantu mengoptimalkan perencanaan dan prosedur pemulihan, meminimalkan waktu henti, dan membantu meringankan banyak risiko.
- Lokasi pusat data yang tidak tepat
Meskipun tidak ada formula mutlak untuk memilih lokasi sekunder yang optimal, keragaman geografis sangat penting. Menemukan dan kemudian mengoperasikan lokasi sekunder dapat menjadi pekerjaan yang mahal dan padat karya untuk bisnis dengan dana dan staf yang terbatas. Penelitian yang dilakukan untuk menemukan lokasi yang “ideal” untuk lokasi sekunder bisa sangat mengejutkan, lokasi tersebut harus cukup dekat bagi karyawan untuk melakukan perjalanan untuk kebutuhan pengujian dan pemulihan, namun cukup jauh untuk menghindari dampak dari pemadaman yang sama dengan lokasi produksi. Ditambah lagi dengan kebutuhan akan lokasi yang aman dengan teknologi terdepan, lingkungan yang redundan, dan staf yang profesional, maka tantangannya menjadi semakin berat.
- Sumber daya yang tidak memadai dan kurangnya pengujian
Beberapa operasi TI memiliki staf yang sangat kecil, yang berarti mereka mungkin kekurangan personil Disaster recovery yang berpengalaman. Namun, personel yang terampil sangat penting untuk mempertahankan inisiatif Disas yang efektif.
Waktu tempuh ke lokasi sekunder juga mempengaruhi ketersediaan sumber daya, dan dapat menjadi komitmen yang memakan waktu yang membuat orang tidak fokus pada tanggung jawab mereka yang lain. Ketika sumber daya terbatas, pekerjaan sehari-hari dapat diutamakan daripada pengujian dan pemeliharaan wilayah, terutama jika melibatkan waktu perjalanan yang signifikan. Terlepas dari tantangan ini, bisnis harus membuat komitmen untuk menyediakan sumber daya yang diperlukan untuk solusi Disaster recovery yang efektif dan ini termasuk pengujian terjadwal untuk memastikan prosedur dan sistem berfungsi dengan baik. Penyedia layanan cloud dapat melengkapi rencana Disaster recovery dengan menyediakan staf berpengalaman di lokasi untuk menguji dan memantau sistem serta bereaksi terhadap berbagai risiko atau pemadaman membebaskan staf internal untuk menjalankan tujuan bisnis mereka sehari-hari.
- Biaya tinggi untuk teknologi Disaster recovery
Pemulihan bencana membutuhkan dua lokasi dan biaya untuk lokasi sekunder dengan teknologi mutakhir dan tingkat redundansi yang tinggi bisa sangat tinggi. Mengembangkan lingkungan tambahan ini mungkin bukan pilihan terbaik untuk semua organisasi.
Penyedia layanan cloud yang menyediakan pemulihan bencana, atau DRaaS, dapat menawarkan teknologi canggih, redundansi, dan praktik terbaik Disaster recovery saat ini dan di masa mendatang. Dengan menyediakan lingkungan multi-penyewa, penyedia layanan ini juga dapat menawarkan solusi yang hemat biaya, solusi yang saling menguntungkan bagi bisnis yang ingin memaksimalkan anggaran TI mereka sambil menggunakan teknologi kelas satu.
- Waktu respons dan pemulihan yang lambat
Memiliki orang yang berpengalaman di lokasi sekunder mungkin tampak boros, tetapi tanpa seseorang di lokasi untuk memulai proses failover dengan cepat, waktu respons bisa menjadi lama, meningkatkan jumlah waktu henti, mengurangi produktivitas, dan pada akhirnya berdampak pada profitabilitas. Penyedia layanan cloud dapat menawarkan staf terlatih di lokasi untuk merespons dan memulai pemulihan dengan cepat meminimalkan waktu henti. Dengan penyedia layanan ini, perjanjian tingkat layanan juga dapat ditulis dalam kontrak untuk memastikan bahwa waktu respons sesuai dan memenuhi kebutuhan bisnis.
Berca Hardayaperkasa akan memastikan operasional bisnis tak terganggu, termasuk dalam situasi darurat jika perusahaan Anda menggunakan layanan dari kami. Jangan ragu untuk menghubungi kami jika Anda memiliki pertanyaan atau konsultasi lebih lanjut mengenai Disaster recovery di Marketing@berca.co.id dan WhatsApp.