Inovasi Generative AI di Hospitality Menggunakan AWS: Meningkatkan Pengalaman Tamu

Traveling kemana saja sudah kembali normal! Konsumen akan memulai kembali memesan tiket kepergian-kepulangan dan  terus bertambahnya pemesanan penginapan, semakin banyak perusahaan di bidang perjalanan dan perhotelan yang mengandalkan AI Generatif untuk meningkatkan pendapatan dan loyalitas dari brand.

Seiring dengan meningkatnya permintaan, perusahaan perjalanan akan membutuhkan cara untuk bersaing memperebutkan setiap rupiah wisatawan. Dunia travel sangat cepat, travel akan berlomba-lomba memberikan memberikan cara pemesanan dan fitur terbaik. Banyak penyedia layanan yang beralih ke AI Generatif untuk meningkatkan volume dan kualitas pesan mereka untuk meningkatkan pemesanan dan program loyalitas.

Bagaimana AI Generatif digunakan di sektor perjalanan dan perhotelan?

AI Generatif memanfaatkan model pemrosesan bahasa alami untuk menghasilkan teks atau gambar berdasarkan perintah sederhana. Banyak platform AI Generatif memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan hasil ide yang cepat untuk menarik perhatian pelancong khususnya di Indonesia

Perusahaan-perusahaan enterprise yang menggunakan AI Generatif dalam bidang perjalanan & perhotelan – dan khususnya AI Motivasi – memanfaatkan beberapa peluang pertumbuhan terbesar dalam dekade ini.

Amazon web series (AWS) melihat peluang untuk pihak e-commerce perjalanan, agen perjalanan, agen perhotelan dan penginapan yang biasa disebut hospitality. Peluang ini bisa dikatakan sangat menguntungkan agen perjalanan dan perhotelan saat menggunakan AI generatif.  AWS didukung oleh model pembelajaran mesin (Machine learning) besar yang dikenal sebagai model dasar, AI generatif memiliki kekuatan untuk menginspirasi para pelancong dan tamu, membantu mereka menemukan destinasi dan pengalaman baru dengan lancar, sekaligus meningkatkan setiap langkah dalam perjalanan pelanggan.

Kenapa harus mrmbangun Generative AI?

Membangun aplikasi AI generatif untuk industri perhotelan menawarkan banyak keuntungan, meningkatkan pengalaman pelanggan dan efisiensi operasional. Berikut adalah alasan utama untuk mengembangkan dan mengimplementasikan aplikasi ini:

  1. Pengalaman Tamu yang Dipersonalisasi

AI generatif dapat menganalisis data dalam jumlah besar untuk menciptakan pengalaman yang sangat personal bagi para tamu. Dengan memahami preferensi individu, perilaku masa lalu, dan umpan balik, AI dapat menyesuaikan rekomendasi untuk layanan, fasilitas, dan atraksi lokal. Pendekatan yang dipersonalisasi ini tidak hanya meningkatkan kepuasan tamu, tetapi juga mendorong bisnis yang berulang dan loyalitas merek.

  1. Layanan Pelanggan yang Ditingkatkan

Asisten virtual dan chatbot yang didukung AI dapat menangani berbagai interaksi pelanggan, mulai dari menjawab pertanyaan dan memproses pemesanan hingga menyediakan layanan pramutamu. Sistem AI ini tersedia 24/7, menawarkan respons instan dan meningkatkan efisiensi dan daya tanggap keseluruhan operasi layanan pelanggan.

  1. Efisiensi Operasional

Aplikasi AI generatif dapat merampingkan berbagai tugas operasional dalam industri perhotelan. Misalnya, AI dapat mengoptimalkan jadwal tata graha, mengelola inventaris, dan bahkan memprediksi kebutuhan perawatan untuk mencegah kegagalan peralatan. Peningkatan ini mengurangi biaya operasional dan meningkatkan kelancaran layanan hotel (Artificial Intelligencepedia) (Perangkat Lunak yang Relevan).

  1. Penetapan Harga Dinamis

AI dapat menganalisis data pasar secara real-time, fluktuasi permintaan, dan peristiwa lokal untuk menyesuaikan strategi penetapan harga secara dinamis. Hal ini memastikan bahwa harga kamar kompetitif dan dioptimalkan untuk memaksimalkan pendapatan, dengan mempertimbangkan berbagai faktor eksternal dan internal pada perusahaan hospitality (Artificial Intelligencepedia).

  1. Pemasaran dan Keterlibatan

AI dapat membantu membuat kampanye pemasaran yang ditargetkan dengan menganalisis data tamu untuk mengidentifikasi tren dan preferensi. AI Generatif dapat menghasilkan konten yang dipersonalisasi, seperti email, postingan media sosial, dan iklan, sehingga dapat meningkatkan tingkat keterlibatan dan konversi. Pendekatan yang ditargetkan ini membantu dalam menarik dan mempertahankan pelanggan secara lebih efektif (Artificial Intelligencepedia) (Perangkat Lunak yang Relevan).

  1. Manajemen Sumber Daya

Aplikasi AI dapat meningkatkan manajemen sumber daya dengan memprediksi permintaan untuk berbagai layanan dan mengalokasikan sumber daya yang sesuai pada hospitality. Hal ini dapat mencakup kepegawaian, manajemen inventaris, dan penggunaan energi, yang mengarah pada penghematan biaya dan operasi yang lebih efisien (Perangkat Lunak yang Relevan).

  1. Keunggulan Kompetitif

Menerapkan teknologi AI yang canggih dapat membedakan bisnis perhotelan dari para pesaingnya. Menawarkan layanan berbasis AI yang canggih dapat meningkatkan pengalaman tamu, menarik pelanggan yang paham teknologi, dan memposisikan bisnis sebagai pemimpin dalam inovasi dalam industri (Artificial Intelligencepedia).

Berca Hardayaperkasa berkolaborasi dengan AWS dan datang ke event Hita Makassar. Event ini diselanggarakan pada Sabtu (08/06), dihadiri oleh profesional IT dilingkup hospitality Makassar. Untuk perusahaan Anda yang bergerak dibidang perhotelan dan pariwisata yang membutuhkan solusi cepat untuk aktifitas bisnis, silahkan hubungi Berca di Marketing@berca.co.id atau WhatsApp