Dengan OpenText, Memperkuat Kepercayaan dan AI Melalui Pengelolaan Informasi yang Efektif

opentext

Kepercayaan adalah perekat yang mengikat kita, baik dalam hubungan pribadi maupun transaksi dalam bisnis. Dalam interaksi antarmanusia, kepercayaan memupuk hubungan, kerja sama, dan rasa saling menghormati, yang membentuk fondasi bagi hubungan yang bermakna. Demikian pula dalam bisnis, kepercayaan sangat penting untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan, mitra, dan karyawan. Maka OpenText menyediakan platform dengan AI.

 

Dengan gelombang disrupsi yang disebabkan oleh teknologi AI yang canggih, dunia bisnis mempelajari dengan cepat pentingnya AI yang dapat dipercaya. Setiap teknologi memiliki kegunaan ganda. Jika kita ingin benar-benar mendapatkan manfaat dari berbagai keuntungan yang dijanjikan AI, kita harus memiliki kepercayaan terhadap alat yang kita gunakan dan data yang menjadi sumbernya.

 

“Kepercayaan dan tata kelola sangat penting dalam solusi berbasis AI kami sebagai sebuah perusahaan,” ujar Shannon Bell, Wakil Presiden Eksekutif dan Chief Digital Officer di OpenText. “Seiring dengan semakin nyamannya kami dengan penggunaan AI dalam skala besar, data kami perlu diatur dengan cermat untuk memastikan izin yang sudah ditetapkan. Merangkul pola pikir yang mengutamakan AI berarti kerangka kerja tata kelola kami perlu berevolusi untuk mencakup protokol dan standar baru untuk berinteraksi dengan LLM sehingga kami semua dapat dengan percaya diri memanfaatkan AI untuk mendorong keputusan dan inovasi yang baik.”

 

Di setiap bidang bisnis, terdapat eksperimen yang sedang berlangsung dengan AI generatif untuk mendorong produktivitas. Saat kita memasuki gelombang berikutnya, taman model LLM tidak akan ada habisnya dan bersifat spesifik untuk setiap domain. Artinya, keampuhan hasil bergantung pada apakah kita dapat mempercayai data kita sendiri untuk memungkinkan keputusan yang otonom. Perdebatannya bukan lagi tentang AI yang etis, namun bagi sebagian besar perusahaan, ini akan menjadi perbincangan seputar tata kelola informasi yang tepat untuk menyeimbangkan risiko, imbalan, dan cara kerja yang baru.

 

Jadikan data Anda dapat dipercaya

Manajemen informasi adalah proses sistematis untuk mengumpulkan, mengatur, menyimpan, dan mendistribusikan pengetahuan di dalam organisasi. Hal ini mencakup strategi, teknologi, dan kebijakan untuk memastikan data dapat diakses, aman, dan digunakan secara efektif untuk mendukung pengambilan keputusan dan proses bisnis.

 

Manajemen informasi menurut definisi adalah prasyarat untuk AI. Dan manajemen pengetahuan telah menemukan kehidupan baru dengan demokratisasi AI. Otomatisasi arus informasi secara real time dapat membantu menciptakan kumpulan data yang lengkap, akurat, dan aman yang menjadi bahan baku AI. Dan antarmuka asisten chat berbasis prompt akan mengubah cara pencarian dan pengambilan pengetahuan di seluruh organisasi dengan berbagai ukuran.

 

Dengan OpenText dapat Pertimbangkan tiga langkah sederhana ini untuk mengaktifkan AI yang dapat dipercaya:

  • Strategi data cloud, membentuk fondasi dari apa yang dibutuhkan untuk mendukung AI di seluruh organisasi Anda; tentukan lanskap aplikasi, repositori data, dan infrastruktur cloud untuk menjadi tuan rumah bagi AI Anda (yang dibangun dan dibeli).
  • Tata kelola informasi mengatur aliran data dan informasi dengan cara yang kondusif untuk pembelajaran berulang. Informasi yang kita berikan kepada AI haruslah informasi terkini, akurat, aman, lengkap, dan sesuai. Tentukan izin dan akses yang tepat ke sumber informasi untuk memvalidasi hasil, tetapi juga untuk memastikan standar privasi yang tepat.
  • Keputusan otonom tentukan berapa banyak pekerjaan yang Anda ingin mesin lakukan. Terserah kepada pemilik bisnis untuk menarik garis dan menerapkan logika manusia dalam menentukan keputusan apa yang harus dibuat oleh AI dan apa yang tidak boleh dibuat secara otonom. Menentukan parameter ini akan menjadi kunci untuk membangun kepercayaan terhadap AI.

 

AI merefleksikan realitas

Data yang dapat dipercaya sangat penting untuk kesuksesan AI, tetapi perjalanan AI tidak berhenti sampai di situ.

“AI mencerminkan masyarakat,” kata Karen Palmer, Pendongeng dari Masa Depan, pemenang penghargaan XR Artist, dan Pembicara TED, dalam sebuah ceramah baru-baru ini. “Jadi, sangat penting bagi masyarakat kita untuk merefleksikan bagian terbaik dari diri kita sendiri, karena AI akan melakukannya.”

 

Hal yang sama, tentu saja, juga berlaku untuk bisnis-AI akan menghasilkan dan memperkuat cerminan informasi organisasi yang diberikannya; pada intinya, Anda adalah apa yang dikatakan AI tentang Anda. Oleh karena itu, organisasi juga harus mempertimbangkan apa yang terjadi ketika AI memanfaatkan data yang dapat dipercaya tersebut-apakah citra organisasi Anda yang akan digambarkan oleh AI kepada dunia? Apakah informasi organisasi Anda mencerminkan nilai-nilai, budaya, dan prioritas Anda?

 

AI akan menjadi pengganda kekuatan bagi potensi manusia. Kita mulai hari ini dengan mengotomatiskan alur kerja dan mendapatkan wawasan, namun masih banyak yang harus dilakukan. Revolusi AI adalah sebuah pola pikir dan cara berpikir baru. Dengan kepercayaan dan data, manusia dapat meningkatkan kreativitas dan efisiensi. Dan yang terakhir, dengan membiarkan mesin melakukan pekerjaan, pemrosesan yang bebas dari kesalahan menjadi tujuan nyata di masa depan.

 

Dari perhitungan hingga dukungan keputusan hingga otomatisasi keputusan, kecerdasan umum buatan akan memberdayakan kita semua untuk menjadi lebih pintar, lebih kreatif, dan hidup lebih lama.

 

Pelajari lebih lanjut tentang mengapa OpenText adalah mitra tepercaya Anda untuk AI, hubungi Berca Hardayaperkasa di Marketing@berca.co.id atau WhatsApp.